Rabu, 20 Februari 2013

Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Pasti Berhasil



           Kesungguh-sungguhan merupakan hal yang menjadi dasar yang kuat bagi seseorang yang inggin mendapatkan suatu keberhasilan dari setiap usahanya. Dengan kesungguhan yang ada dalam diri seseorang akan memberikan semangat yang dapat mendorong seeorang untuk melakukan usaha lebih keras untuk mencapai hal yang diingginkan, dibandingkan seseorang yang tidak memiliki kesungguhan dalam usahanya. Seperti halnya diceritakan oleh Ustad Salman yang mengenailkan Man Jadda Wa Jada kepada muridnya dengan perumpamaan “memotong sebatang kayu menggunakan  pedang yang tumpul”. Apabila seseorang memiliki kesungguh-sungguhan, seseorang tersebut akan mampu menebang pohon yang menjadi targetnya. Sehingga, dengan adanya kesungguhan yang mendasari setiap hal yang dicita-citakan akan memberikan semangat untuk menempuhnya dengan sekuat tenaga, hingga hal yang dicita-citanyakan mampu diraihnya.
Sikap kesungguh-sungguhan harus ditanamkan dan  ditumbuhkembangkan kepada  seseorang yang ingin mendapatkan keberhasilan. Dengan kesungguhan tersebut akan menguatkan mental serta sikap pantang menyerah dalam menghadapi setiap masalah yang menghadang setiap langkah untuk mencapai keberhasilan. Dengan semangat serta kesungguhan yang berasal dari dalam diri seseorang  akan memberikan dorongan seseorang untuk berusaha mencapai hal yang diita-citakan dari hatinya yang terdalam.
Kesungguhan-sungguhan akan memudahkan seseorang untuk meraih keberhasilan dengan penuh tanggung jawab dan penuh pertimbanggan. usaha yang akan ditempuh keberhasilannya juga harus diimbangi dengan sikap (attitude) yang baik.  Sehingga keberhasilan tersebut tidak akan merugikan pihak lain yang bersangkutan. Melainkan, dari usaha yang bersungguh-sungguh untuk mencapai kesuksesan tersebut disalurkan melalui usaha yang baik pula demi tercapainya keseimbangan dalam masyarakat dan diwujudkan dalam pelestarian lingkungan.
            Keberhasilan yang dicapai seseorang ditempuh tidak hanya  melalui kesungguh-sugguhan semata, keberhasilan itu juga harus ditempuh melalui proses pendidikan yang baik. Pendidikan sangat mendukung seeorang demi tercapainya suatu keberhasilan. Dengan pengetahuan yang diperoleh dari proses belajar akan mengubah cara pandang seseorang dalam hal pencapaian keberhasilan, sehingga faktor pendidikan memegang peran penting  dalam menumbuhkan dan mengembangkan karakter kesungguh-sungguhan dan pantang menyerah dalaam menghadapi masalah untuk  mencapai keberhasilan.
            Usaha untuk mencapaian keberhasilan harus membutuhkan pengorbanan yang sangat besar. Pengorbanan tersebut tidak hanya berupa materi yang ada, melainkan pengorbanan tersebut juga dapat berupa pengorbanan mental saat terjun dimasyarakat, pengorbanan tersebut dapat berupa kesanggupan beradaptasi didalam masyarakat tanpa membeda-bedakan agama, suku, kepercayaan dan sebagainya. Seseorang yang ingin meraih kesuksesan harus memiliki hubunggan luas dengan masyarakat untuk mengembangkan kerjasama untuk  mencapai kesuksesan yang didambakan.
            Dari kisah yang telah diuraikan dalam kick andy, bagi siapapun yang bersungguh-sungguhan dalam meraih yang dicita-citakan akan memberikan dorongan semangat untuk mencapai keberhasilan. Kesunguh-sunguhan tersebut juga akan menbangkitkan daya tahan seseorang saat menghadapi masalah-masalah yang dapat menurunkan semangatnya untuk mencapai keberhasilan. Selain itu kesungguhan-sungguhan yang ada didalam diri seseorang akan mendorong seseorang untuk berkarya lebih baik lagi, yang lebih kreatif dan bervariasi. untuk mencapai keberhasilan, dukungan dari orang tua dan orang-orang terdekat juga akan membangkitkan semangat yang ada dalam dirinya. Dengan demikian, orang-orang terdekat memberi peran penting yang mampu mendorong semangat seseorang serta dari dukungan orang sekitar akan mampu mengantar seseorang untuk meraih kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar