Rabu, 20 Februari 2013

Ānāpānasati Sebagai Sarana Meningkatkan Kesadaran


Ānāpānasati Sebagai Sarana Meningkatkan Kesadaran

            Kesadaran merupakan suatu hal yang sangat vital dalam keseharian setiap orang. Dengan adanya kesadaran akan dapat pengurangi resiko buruk dalam mengerjakan tugas atau pun pekerjaan yang sangat sulit sekalipun. Dalam melaksanakan perbuatan apapun yang dilakukan dituntut untuk mengembangkan kesadaran agar dapat mengurangi resiko yang merugikan diri sendiri mau pun orang lain.
Kesadaran dalam setiap melakukan perbuatan apapun dapat dikembangkan melalui praktik meditasi. Kesadaran pada saat melakukan perbuatan apapun salah satunya dapat dikembangkan melalui praktik meditasi dengan obyek Ānāpānasati. Ānāpānasati merupakan obyek didalam meditasi dengan mengamati keluar-masuknya udara saat bernafas. Dalam praktiknya kesadaran bernafas difokuskan pada titik persentuhan nafas di atas bibir dekat hidung dengan merasakan udara yang keluar-masuk saat bernafas. Pada saat bernafas mengamati dan menyadari sentuhan udara saat  berlangsungnya nafas panjang maupun pendek diketahui dan disadari. Menurut Bhikkhu Ñāṇamoli “I breathe in long; or breathing out long, knows, I breathe out long; breathing in short, knows, i breathe in short; or breathing out short, knows” (2010: 5).
Dengan mengembangkan kesadaran melalui obyek Ānāpānasati akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi meditator. Dengan cara mengamati dan menyadari saat berlangsungnya nafas masuk maupun nafas keluar secara berulang-ulang dan dalam waktu yang teratur akan semakin  memupuk kesadaran pada saat melakukan perbuatan apapun. Dengan adanya kesadaran dalam setiap berbuat akan dapat menekan bahkan akan dapat mengurangi kesalahan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Selain itu dengan dipupuk den dikembangkan melalui meditasi Ānāpānasati akan semakin memberikan kepekaan terhadap setiap masalah-masalah yang sedang dialami. Kepekaan tersebut dapat berupa kepekaan mendengar orang lain berbicara. Dengan adanya kepekaan akan dapat memberikan respon yang baik berkaitan dengan masalah yang sedang dibicarakan dan tidak memberikan respon yang melenceng jauh dari masalah yang sedang dihadapi. Sehingga dengan meditasi dengan menggunakan obyek Ānāpānasati sangat berperan pentin dalam meningkatkan kesadaraan. Melalui meditasi pula akan dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi meditator dalam meningkatkan kesadaran pada saat melakukan perbuatan apapun serta memberikan kepekaan mengenai lingkungan sekitar sehingga dapat memberikan respon yang baik terhadap masalah yang ada disekitar.
Refrensi: Ñāṇamoli, Bhikkhu. 2010. Mindfulness Of Breathing. Perfection Of The Four Foundation Of Mindfulneness. Sri Lanka: Buddhist Publication Society

Tidak ada komentar:

Posting Komentar