Kamis, 16 Oktober 2014

Pandangan Semua Agama Sama


Dalam kehidupan beragama, munculnya agama di suatu tempat merupakan hal yang sangat diidam-idamkan setiap orang. Munculnya agama di suatu tempat sebagian besar dipengaruhi oleh kekacauan yang ada di masyarakat. Dengan munculnya agama memicu perbaikan moralitas yang ada dalam masyarakat. Kondisi dalam masyarakat dapat tertata dengan adanya aturan-aturan agama yang diciptakan. Dengan adanya agama yang berkembang didalam kondisi masyarakat yang kacau, akan sangat berperan dalam menata sistem pemerintahan yang saat itu kurang memperhatikan Hak Asasi Manusia (HAM). Sehingga, dengan adanya sistem agama, dapat memberikan keterjaminan HAM yang ada di suatu tempat.
Keberadaan agama memberikan suasana baru di suatu tempat. Ajaran di dalam agama memberikan suasana damai di masyarakat. Tidak heran jika banyak orang memandang setiap ajaran agama “sama saja”. Pandangan bahwa setiap ajaran agama dipandang “sama saja” tidak dapat disalahkan. Hal tersebut dikarenakan, agama dipandang mampu mengarahkan kondisi masyarakat yang awalnya kacau menjadi tertata dengan baik. Selain itu, setiap agama juga mengajarkan pangikutnya tentang kebaikan. Kecuali ajaran sesat yang mengajarkan pengikutnya tentang suatu keburukan. Akan tetapi, ketika dipelajari lebih dalam, setiap ajaran agama memiliki pandangan yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Agama memiliki pandangan konsep ajaran yang berbeda-beda. Setiap ajaran agama memiliki pandangan yang berbeda dalam memahami kehidupan. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang melatarbelakangi munculnya agama. Salah satu faktor yang mempengaruhi munculnya konsep agama tersebut tidak terlepas dari latar belakang dimana suatu agama itu muncul. Sehingga ketika dilihat secara seksama antara konsep dasar agama satu dengan agama lain, kita dapat mengetahui bahwa setiap agama memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam memahami kehidupan. Perbedaan pandangan, sering kali memunculkan konflik ketika seseorang mempertanyakan dan membandingkan kebenaran konsep suatu agama dengan agama lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar