Kamis, 16 Oktober 2014

Dasasikhapada


Tempat                                : Savatthi, di hutan jeta, milik anathapindika
Latar belakang          : sutta ini dibabarkan berkenaan dengan adannya pertanyaan dari para samanera kepada yang terberkahi tentang peraturan latihan yang harus mereka jalankan.
Inti sutta                     :
Dengan adannya pertanyaan tersebut kemudian yang terberkahi menguraikan tentang sepuluh peraturan yang harus dijalankan sebagai samanera. Peraturan tersebut meliputi
1.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari pembunuhan makhluk hidup
2.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari mengambil apa yang tidak diberikan
3.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari perilaku asusila
4.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari berbicara yang tidak benar
5.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari mengambil kesempatan apapun yang menimbulkan  kelalaian karena minuman keras, anggur, dan apapun yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran.
6.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari makan bukan pada waktunya.
7.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari menari, menyanyi, bermain musik, dan pertunjukan hiburan.
8.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari mengambil kesempatan apapun untuk memakai rangkaian bunga, wangi-wangian serta mempercantik diri dengan kosmetik
9.      Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari menggunakan tempat tidur yang tinggi dan besar.
10.  Aku bertekat menjalankan peraturan latihan untuk menghindarkan diri dari menerima emas dan perak.
Kesimpulan:
Sepuluh peraturan ini dibabarkan oleh Buddha secara langsung dan mengizinkan latihan peraturan dijalankan oleh para samanera. Dengan menjalankan sepuluh peraturan ini seorang samanera akan dapat menjauhkan, menghilangkan, menyingkirkan, serta melenyapkan resiko dari perbuatan buruk yang akan mereka lakukan
Pesan moral:
Dengan menjalankan sila dengan benar dan memiliki pengendalian diri, seseorang akan dapat menghindarkan diri mereka dari perbuatan buruk yang akan lakukan.
Referensi:
Lay, U Ko. 2000. Panduan Tipitaka. Klaten: Vihara Bhodhivamsa.
Tim Penyusun. 2001. Khuddakapatha Kitab Suci Agama Buddha 1. Klaten: Vihara Bhodhivamsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar